Saturday

Cara Mengembalikan Data Yang Terkena Cryptolocker Cerber

Posted by Mas Cowboy on Saturday


Bagi sobat online semua pengguna komputer, laptop, dan lain sebagainya. Sekarang ini harap berhati-hati terhadap serangan virus & malware yang bisa mencuri dan mengenskripsi semua file dan data kalian. Akibatnya semua data di dalam komputer anda tidak bisa di buka sama sekali. Sobat bisa bayangkan bila semua data2 penting yang ada di dalam drive tersebut tidak bisa di buka dan digunakan lagi? Pasti betapa stresnya teman-teman menghadapi kejadian tersebut. Lantas apakah ada cara mengembalikan data yang terkena cryptolocker atau merecovery data tersebut? Jawabannya adalah kita bisa, tapi kita diberi pesan oleh si "cracker" pengirim virus/walware tadi untuk membuka link yang mereka minta dan di haruskan untuk membayar sejumlah tebuasan uang/paypal/bitcoin yang nilainya minimal $500 dan bahkan ribuan/ratusan  untuk mendapatkan kode enskripsi apabila kita mau merestore file data agar bisa di buka kembali. Data kita sama saja disandera sobat. Dan itu sangatlah membuat kita stres apabila kita menghadapi kejadian tersebut. Data penting kuliah, kerjaan, atau bahkan file dokumen lainnya. Walaupun kita bisa menggunakan banyak program recovery, itu hanya mempunyai tingkat keberhasilan 1 % dari semua data yang telah terenskripsi tersebut. (baca: cara mengembalikan data yang terkena virus cryptolocker terbaru)

Berikut data2 yang di rusak/di enskripsi oleh serangan tersebut.

1. File dokumen .word .excel .dwg .pdf dll
2. File dokumen .jpg .png .bitmap .bmp dll
3. Dan masih banyak file lainnya.

Mungkin bagi sobat yang belum mengalami kejadian ini bisa saja mengacuhkan pos yang saya tulis ini. Tapi lebih baiknya saya berikan tips buat sobat semua agar terhindar dari kejadian yang pernah saya alamai tersebut.

Antivirus Smadav terbaru update 2017  proteksi dari Ransomware
1. Selalu update dan gunakan antivirus terpercaya lebih bagus kalau yang pro version.
2. Instal program backup otomatis
3. Hindari membuka lampiran email, pesan dan lainnya dari orang yang tidak anda kenal. Itu adalah celah masuk bagi para cracker mengirim spam virus malware dll.
4. Selalu back up data-data penting dalam akun virtual drive seperti google drive, dropbox dan lain-lain.
5. Teman-teman harus lebih berhati-hati dan waspada menghadapi kejahatan dunia internet.

Serangan malware yang saya alami ini sudah banyak terjadi di indonesia. Waspadalah sobat.

Note: -Nyata pengalaman pribadi.
          -Tipe virus/malware yang menyerang : "Trojan Ransome Cryptowall"
          - File terenskripsi algoritma cryptografi tipe "RSA 4096 bit"

loading...
Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment